Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... free counters

Tips Cara Bergaul

Sebagai mahluk sosial yang nggak akan pernah mungkin hidup sendiri, maka dalam hidup kita perlu teman untuk berlangsungnya kehidupan kita. Jangan sampai dong ya, kita punya temen terus dijauhin, So ini ada 5 tips sobat-sobat buat bergaul, yuk Check this out....




1. Cerdas pilih otak
Sering kali kita merasa kurang nyaman atau nggak nyambung ketika bicara sama orang yang bru kita kenal. Biasanya ini terjadi karena kita kurang jeli memilih topik pembicaraan. Pilihlah topik umum yang seru, misalnya tentang seleb, film, musik atau buku terbaru yang lagi hits. Hindari topik yang berbau SARA, atau bersifat pribadi seperti pacar, atau orang tua yang bercerai. Selain kurang sopan, takutnya lawan bicara menganggap kita "menyerang" dia.
2. Jaga mulut
Seleksi kata sebelum kita bicara, dan pikir dua kali kira-kira apa ya reaksi orang itu jika mendengarnya. Soalnya kita kan belum saling kenal dekat. Daripada berujung menyakiti perasaan orang lain? Bisa-bisa kita malah dijauhi.
3. Buka Pikiran
Kita nggak bisa memilih siapa yang kita temui dalam pertemanan.Ada orang yang sama persis dengan kita, beberapa orang bisa sebaliknya. Walaupun beda hobi, kelas sosial, suku, agama dan ras, bukan berarti kita terus langsung menutupi diri. Karena perbedaan, justru bisa bikin kita belajar bayak hal baru yang sebelumnya kita nggak tahu. kalau cuma berteman sama orang itu-itu saja, kita nggak ada bedanya sama katak dalam tempurung dong? Padahal punya banyak teman dari banyak latar belakang yang beda itu seru!
4. Tentukan batas kecepatan
Setiap orang, perlu waktu tertentu untuk bisa akrab, walaupun kelihatannya teman baru ini asyik dan supel. Makanya, waktu bertemu teman baru, kita juga harus cerdik menentukan batas kecepatan. Kalau memang baru bertemu dua atau tiga kali, jangan bersikap sok dekat dengan bercanda dan mengejek. Hindari juga curhat berlebihan kepada orang baru itu, nanti teman kita malah merasa takut dan menghindari kita.
5. Sopan santun
Sesantai apapun suasana saat kita nongkrong, sopan santun tetap diperlukan. Mengucapkan salam, berpamitan, basa-basi dan beberapa bahasa tubuh, itu tetap penting kita jaga. Maksudnya, biar teman baru ini merasa nyaman dan dihormati saat berada disekitar kita. Jangan sampai kita dicap nggak sopan hanya karena kita terlalu malas untuk mempertahankan sopan santun.
Sumber: http://sishintavanilate.blogspot.com/2012/04/5-tips-bergaul.html#more

Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.